Pages

Senin, 04 Desember 2017

BELAJAR SISTEM PEREDARAN DARAH UNTUK ANAK (DIY SISTEM PEREDARAN DARAH)

JANTUNG, siapa yang tidak kenal si pemompa darah ini? Jantung berdenyut terus, walaupun kita sedang terlelap tidur. Dalam sehari, jantung mengedarkan darah keseluruh tubuh kita seribu kali, tanpa istirahat sedetik pun!

Dalam buku ENSIKLOPEDIA BOCAH MUSLIM terbitan pelangi mizan, dijelaskan jika pembuluh darah dalam tubuh disuruh berbaris, panjangnya akan mencapai 96.000 kilometer; sama dengan dua setengah kali keliling bumi. Waaahhh,,bunda sampai takjub dengan mesin buatan Allah ini. MasyaAllah, subhanallah...

Dalam pembelajaran bunda membiasakan untuk mencari aktivitas yang sesuai dengan buku yang dimiliki. Tujuannya adalah agar si anak mendapatkan gambaran konkrit mengenai isi yang ada didalam buku.

Dalam mempelajari sistem peredaran darah, bunda mencarikan aktivitas menarik untuk bermain bersama. dan hasil browsing bunda menemukan aktivitas yang mudah dilakukan dan menarik untuk anak seusia absi. berikut permainannya:

MEMBUAT MODEL SISTEM PEREDARAN DARAH (untuk anak usia 5 tahun keatas)

Tujuan permainan :

  • Melatih motorik halus anak
  • Melatih koordinasi indra penglihatan, peraba
  • Melatih kesabaran dan ketelitian
Bahan :

Cara permainan :
Tempelkan benang wol sesuai warna pada pembuluh darah di print sheet, hasilnya akan tampak seperti dibawah.

Wol berwarna MERAH menunjukkan : 
Pembuluh Arteri, Melalui pembuluh arteri, darah mengalir dari jantung dan menyebar keseluruh tubuh.

Wol berwarna BIRU menunjukkan :
Saluran Vena, dimana darah seluruh tubuh kembali ke jantung melalui saluran berwarna biru. dan biasanya saluran berwarna biru dekat dengan permukaan kulit, sehingga kita dapat melihatnya secara langsung pada area pergelangan tangan atas.


Permainan ini sangat melatih kesabaran buah hati, kerjasama dengan orangtua juga dibutuhkan dalam bermain. Setelah selesai bermain, orang tua dapat membacakan buku atau melakukan pembahasan mengenai sistem peredaran darah. Tentunya dengan bahasa atau buku yang mudah dimengerti oleh anak, gunakan buku dengan bahasa sederhana dan penuh gambar. 

Selamat mencoba, selamat bermain dan berbahagia^_^

Tidak ada komentar: