Pages

Senin, 22 Agustus 2016

Membuat Pesawat Baling-Baling Sederhana

Belum lama ini suami saya ditugaskan untuk belajar di Jepang. Seperti biasa saya mulai browsing-browsing bikin list oleh-oleh dari Jepang (hehe walaupun emak ga ikut, minimal dapet oleh-olehnya lah ya). Sambil mikirin oleh-oleh, tiba-tiba saja terlintas difikiran kalo Jepang itu negara yang teknologinya maju dan pasti banyak mainan canggih n edukatif untuk anak (teteup emak mah prioritas anak). Mulailah nyari mainan edukatif yang bisa bongkar pasang. Dan Alhamdulillahnya suami sepaham dengan keinginan saya. Beliau carikan robot-robot mini untuk absi. Berikut hasil browsing suami di toko mainan di Jepang, mainan robotic sederhana.


 Mobil bertenaga air garam

Walaupun terlihat simple ternyata pemasangannya cukup njlimet juga, karena banyak bagian-bagian kecil yang harus dirakit. Karena anak saya baru berumur 5 tahun, jadilah dia hanya jadi pengamat dulu saat ayahnya merakitkan robotnya. Yang bikin heran apa bener ini mobil bisa berjalan hanya dengan diberi air garam?*emak kudu buka-buka pelajaran kimia lagi ni mah. Setelah beberapa saat merakit dan mobil sudah siap dijalankan, kami meneteskan beberapa tetes garam yang sudah dicampur air. dan hasilnya mobil berjalan dengan kencangnya. (horeeee,,,suami saya kegirangan. lha??ini kenapa yang girang bapaknya ya...). *Warbiyasssaaakkkk..orang Jepang emang keren dah biasa ngerubah hal-hal yang sederhana menjadi sesuatu yang oke banget. Jadi penasaran juga sih kenapa bisa begitu, tapi Alhamdulillah saya udah tau penyebabnya hehe..next time kita bikin percobaannya ya bun.
Nah semenjak kegiatan rakit-merakit diatas, emak mulai memikirkan bagaimana absi bisa membuat robot yang sangat sederhana ya?yang bisa dibikin sendiri dirumah. Mulailah browsing-browsing pinterest, google dan youtube untuk membuat simple robotics.Untungnya banyak banget tutorial-tutorial robotic sederhana untuk anak. Salah satunya yang jadi proyek absi kali ini, ide dari http://researchparent.com/homemade-propeller-car/ dibuatlah pesawat baling-baling sedrhana dengan body yang sudah dimodif dengan bahan-bahan daur ulang seperti kardus dan mainan bekas.

Berikut bahan-bahannya :
-->Bahan body pesawat :
             - Kardus bekas
             - Sterofoam bekas
             - Lem Uhu
             - Roda lego / Bisa menggunakan tutup air mineral yang dipasang dengan sedotan dan sumpit kayu
             - Baling-baling mainan bekas
             - Botol bekas

--> Bahan mesin baling-baling:


            -  Battery holder untuk battery uk A2
            - 2 Bh battery A2
            - 1.5 - 3 VDC motor
            - Swtich type SPST (untuk tombol On dan Off)
            - Kabel
         
Alat-alatnya :
- Pisau cutter
- Solder
- Timah
- Pulpen dan penggaris untuk menggambar pola


Cara membuatnya :
1. Untuk body pesawat, potong-potong kardus bekas dan sterofoam hingga membentuk pola pesawat (gambar pola dapat dicari di google atau kreasi pribadi), disini bunda menggunakan pola dari situs : http://ragamkerajinantangan.blogspot.co.id/2016/01/Pesawat-Mainan-Dari-Kertas-Kardus.html




2. Sambungkan seluruh pola body pesawat hingga berbentuk seperti pesawat (nah yang ini tugasnya absi)













3. Buat rangkaian mesin pesawat sebagai berikut :




Nah klo ini tugas si ayah (hehe biar ayah ikut kebagian tugas juga, peran ayah penting juga lho bun dalam pengasuhan), abang absi diajarin pegang-pegang solder aja dulu.



4. Dan tarrrraaaa..hasilnya pesawat baling-baling sederhana, karena baling-balingnya dari mainan bekas dan berbahan plastik ringan, jadi hasilnya angin menyebar kesamping dan pesawat hanya bisa muter pelan (harapannya angin menyebar kebelakang sehingga pesawat berjalan maju).




Walaupun hasilnya tidak sesuai harapan absi happy banget dengan hasilnya. absi say " wooowww...pesawat buatan kita, hebat ya bunda". good job nak, lumayanlah buat newbie mah. Semangat bereksplorasi dan belajar sains.

Enjoy play and learn !!!







































Tidak ada komentar: