Pages

Rabu, 17 Mei 2017



NICE HOMEWORK #1

MATRIKULASI IIP - ADAB MENUNTUT ILMU


Di pagi yang cerah ini, setelah menyelesaikan “homework” beneran (nyapu, nyiapin sarapan, beberes rumah, sampe nganter anak sekolah hehe:b) barulah bisa bertapa mikirin nice homework nya matrikulasi IIP (Institut Ibu Profesional).

Matrikulasi IIP itu apa sih?sebelum melanjutkan membuat nice homework mungkin ada baiknya sedikit saya sampaikan mengenai program matrikulasi institut ibu profesional, karena saya menuliskan di blog, harapannya banyak ibu yang membaca tulisan ini dan tertarik untuk mengikuti perkuliahan IIP.  

Program matrikulasi Institut Ibu Profesional adalah program kuliah  koordinator kota, fasilitator  serta pengurus setiap rumah belajar di Institut Ibu Profesional agar memiliki kompetensi ilmu-ilmu dasar menjadi seorang “Ibu Profesional” yang menjadi kebanggaan keluarga dan komunitas.
Materi diberikan dalam sebuah grup WhatsApp, selama 10 pekan. Ada 10 materi menarik yang disampaikan.

Peserta bisa memulai diskusi kapanpun, interaktif dengan sesama peserta. Narasumber akan hadir jam 20.00 – 21.00 WIB untuk berdiskusi langsung dengan peserta. Pada hari berikutnya, peserta akan diberikan “nice homework” yang harus dikerjakan dalam minggu itu untuk memberikan pemahaman lebih mendalam terhadap materi yang telah diberikan sebelumnya.
Kelas ini adalah kelas berbayar dengan investasi sebesar Rp 100.000,-/orang sekaligus sebagai biaya membership IIP seumur hidup dengan distribusi dana 10% untuk Sejuta Cinta Pusat, 20% kembali ke IIP Kota sebagai kas kota, dan 70% untuk IIP Pusat sebagai biaya pengembangan program. (sumber info : http://shantystory.com)

Kenapa saya perlu mengikuti kelas matrikulasi?

Sebagai seorang ibu rumah tangga murni yang tidak pernah merasakan perkuliahan menjadi “ibu profesional” tentu setelah mendengar kata intitut ibu profesional yang terbayang adalah saya akan mendapatkan ilmu menjadi ibu yang profesional, yang bisa memanage keluarga dengan baik, menjadi ibu yang memiliki pemahaman cara mendidik anak, dan mengayomi keluarga dengan baik. Dan harapan itu makin terlihat nyata akan tercapai manakala saya tergabung dengan puluhan ibu yang memiliki semangat belajar dan berbagi pengalaman dalam satu wadah “Institut Ibu Profesional”.
Dalam mengikuti program matrikulasi IIP dibutuhkan tekad dan keseriusan. Karena dalam program matrikulasi tidaklah ringan. Forum ini bukanlah forum yang setiap peserta hanya mendapat materi dan selesai. Setiap peserta dituntut untuk berkomitmen mempraktekkan ilmu yang sudah didapatkan. Syarat kelulusan pun ditentukan dari pengerjaan nice homework yang setidaknya 80% terpenuhi.
Setelah mengikuti perkuliahan sesi pertama yang berjudul “Adab menuntut ilmu”, setiap peserta mendapatkan tugas mengerjakan Nice homework. Pertanyaan-pertanyaan dalam nice homework benar-benar dibuat agar peserta menyelami diri sendiri, mendapatkan jawaban dari hati.

Kayaknya cukup prolog nya ya..hehe

sekarang waktunya mengisi nice homeworknya. Ada 4 pertanyaan yang diberikan dalam materi perkuliahahan sesi 1, diantaranya :

1. Tentukan satu jurusan ilmu yang akan anda tekuni di universitas kehidupan ini?

Untuk menjawab pertanyaan ini, saya menyesuaikan dengan tujuan dan harapan yang ingin saya capai ketika mengikuti program matrikulasi IIP. Saya memilih jurusan parenting.

2. Alasan terkuat apa yang anda miliki sehingga ingin menekuni ilmu tersebut?

Alasan terkuat saya adalah, saya ingin membangun peradaban yang lebih baik dimulai dari keluarga kecil saya, dimulai dari diri sendiri yang saya akan tularkan pada anak-anak saya. Sebagai orang tua, tentu kita semua menginginkan untuk dapat memberikan yang terbaik untuk keluarga dan anak-anak kita. Jurusan parenting saya pilih karena belajar dari masa lalu dimana saya tidak mendapatkan didikan dari orangtua yang paham ilmu parenting. Banyak kesalahan yang saya rasakan dalam pola asuh orang tua saya. Dan saya tidak mau mengulang kesalahan yang sama pada anak-anak saya. Ketidaktahuan kita dalam memahami dan bersikap pada anak justru akan menimbulkan kesalahan mendidik. Semoga dengan bergabung di IIP saya bisa sharing dengan ibu-ibu hebat diluar sana dan saya mendapatkan ilmu sehingga terus dapat mengupgrade diri menjadi ibu profesional.

3. Bagaimana strategi menuntut ilmu yang akan anda rencanakan di bidang tersebut?

Selama ini saya banyak bergabung dengan grup-grup parenting yang sering mengadakan sharing-sharing ilmu parenting, mengikuti seminar parenting, membaca buku-buku parenting, mem-follow pakar-pakar parenting, dan mengikuti program matrikulasi IIP.

4. Berkaitan dengan adab menuntut ilmu, perubahan sikap apa saja yang anda perbaiki dalam proses mencari ilmu tersebut?

Mengurangi bahkan menghilangkan sikap tinggi hati, sombong, merasa lebih tahu, suka pamer, menremehkan ilmu. Semakin menumbuhkan rasa kurang ilmu, rasa ingin membagi ilmu, dan saling membagi pengalaman, mendengarkan nasihat dan tidak meremehkan ilmu.


Yuk bunda, kita bangun peradaban yang lebih baik dengan mencetak generasi-generasi terbaik. Dan untuk memperoleh generasi terbaik tentu kita sebagai ibu, madrasah utama anak juga harus memperbaiki diri dan terus senantiasa mengupgrade diri dengan ilmu yang terbaik. Salah satunya dengan mengikuti program matrikulasi Institut Ibu Profesional.

Be profesional mom for the best generation^_^



Tidak ada komentar: