Pages

Minggu, 11 Juni 2017

NICE HOMEWORK #4 - MENDIDIK DENGAN KEKUATAN FITRAH


NICE HOMEWORK #4
MENDIDIK DENGAN KEKUATAN FITRAH

Bismillah...
Puji syukur Alhamdulillah saya bisa mengerjakan Nice Homework #4 ini di detik akhir batas waktu pengumpulan NHW. Setelah seminggu bergumul dengan kesibukan sana-sini (lebay hehe), akhirnya baru kepegang juga NHW dari program matrikulasi IIP batch 4 ini.

Langsung to the poin, tanpa basa-basi berhubung udah hampir teler yang ngerjain (alias ngantuk puoll;b)

  • Mari kita lihat NHW #1, apakah sampai saat ini anda tetap memilih jurusan ilmu tersebut di universitas kehidupan ini? Atau setelah merenung beberapa minggu ini, anda ingin mengubah jurusan ilmu yang akan dikuasai?

    Jawab :
    Pada NHW #1 lalu, saya memilih jurusan parenting sebagai ilmu yang saya dalami dalam universitas kehidupan saya. Dan hingga minggu ini saya masih tetap pada pendirian saya untuk terus mendalami ilmu parenting. Ada 1 bidang ilmu lagi yang ingin saya tambahkan dalam universitas kehidupan saya, yaitu ilmu psikologi anak. Mengapa saya memilih ilmu ini? Karena saya ingin melakukan pendekatan kepada anak dari segi ilmu psikologi. Saya ingin dapat membaca perilaku yang nampak pada anak dan keluarga saya. Saya yakin ilmu ini dapat berjalan beriringan dengan ilmu parenting karena pada hakikatnya dalam ilmu parenting juga diperlukan pemahaman psikologi dalam hal melihat perilaku anak, melihat respon anak, melakukan pendekatan pada anak. Dengan ilmu psikologi saya berharap dapat menempatkan diri untuk merespon serta berperilaku yang baik dan tepat saat berinteraksi dengan anak, suami, dan anggota keluarga lainnya.

  • Mari kita lihat Nice Homework #2, sudahkah kita belajar konsisten untuk mengisi checklist harian kita? Checklist ini sebagai sarana kita untuk senantiasa terpicu “memantaskan diri” setiap saat. Latih dengan keras diri anda, agar lingkungan sekitar menjadi lunak terhadap diri kita.

    Jawab :
    Jujur saya belum konsisten mengisi checklist harian, bahkan saya sendiri belum mengeprint dan mengisi ceklist yang sudah saya buat sendiri. Ada beberapa poin yang sudah berhasil saya terapkan secara rutin. Akan tetapi ada juga yang banyak belum konsisten saya terapkan. Kelemahan yang saya miliki hingga saat ini menurut saya adlah, saya masih belum memanage waktu yang saya miliki dengan baik. Masih banyak waktu yang terbuang sia-sia tanpa adanya managemen waktu yang baik. Tanpa adanya jadwal kegiatan harian rutin.
    Kedepannya saya akan print cheklist harian yang sudah saya buat, dan saya akan membuat jadwal harian rutin. Sebagai evaluasinya, saya akan meminta kepada suami agar men-cheklist apa yang sudah saya kerjakan setiap harinya sesuai jadwal. Jika tidak sesuai, tentu saya harus menerima konsekuiensi teguran dari pak suami.
    Bismillah...semoga saya konsisten menjadi lebih baik. Semangaatt

  • Baca dan renungkan kembali Nice Homework #3, apakah sudah terbayang apa kira-kira maksud Allah menciptakan kita di muka bumi ini? Kalau sudah, maka tetapkan bidang yang akan kita kuasai, sehingga peran hidup anda akan makin terlihat.

    Jawab :
    Misi Hidup : Membangun peradaban dari rumah, mendidik generasi terbaik (bertanggung jawab, empati, jujur, sholeh, terjaga dan bertumbuh fitrahnya dengan baik, sholih dan bermanfaat bagi umat), Menebar manfaat (membagi ilmu-ilmu yang sudah dipelajari, aktif menulis)
    Bidang : Pendidikan Ibu dan Anak, psikologi anak
    Peran : Ibu yang sholihah, yang dapat memberi inspirasi dan teladan bagi keluarga dan lingkungan sekitarnya.
  • Setelah menemukan 3 hal tersebut, susunlah ilmu-ilmu apa saja yang diperlukan untuk menjalankan misi hidup tersebut.


    1. Bunda Sayang : Ilmu-ilmu seputar pengasuhan anak dan psikologi anak
    2. Bunda Cekatan : Ilmu-ilmu seputar manajemen pengelolaan diri, waktu dan rumah tangga
    3. Bunda Produktif : Ilmu mengelola bsinis kuliner, ilmu mengelola bisnis online
    4. Bunda Shaleha : Belajar tahsin, belajar sirah , Belajar tarbiyah anak

  • Tetapkan Milestone untuk memandu setiap perjalanan anda menjalankan Misi Hidup

    Jawab:
    KM 0 – KM 1 ( tahun 1 ) : Menguasai ilmu pengasuhan, ilmu manage diri, waktu dan keluarga
    KM 1 – KM 2 (tahun 2 ) : Menguasai ilmu psikologi anak
    KM 2 – KM 3 (tahun 3 ) : Menguasai ilmu mengelola bisnis kuliner offline dan online
    KM 3 – KM 4 ( tahun 4) : Menguasai Ilmu agama, siroh, tahsin

  • Koreksi kembali checklist anda di NHW#2, apakah sudah anda masukkan waktu-waktu untuk mempelajari ilmu-ilmu tersebut di atas. Kalau belum segera ubah dan cantumkan.

    Jawab :
    Ada beberapa hal yang belum saya cantumkan. Saya akan ubah NHW #2 saya dan akan saya print dan di uraikan kembali menjadi kegiatan harian rutin yang akan dievaluasi secara langsung oleh suami.


Bismillah,,,akan saya lakukan..semoga saya bisa konsisten dan mencapai keseluruhan milestone yang sudah saya buat sendiri sesuai dengan target yang sudah ditetapkan..

Lakukan, lakukan, lakukan, lakukan


SEMANGAT...BE THE BEST MOM FOR THE BEST GENERATION^_^

Tidak ada komentar: