NICE
HOMEWORK #5
PROGRAM
MATRIKULASI INSTITUT IBU PROFESIONAL BATCH 4
“BELAJAR
BAGAIMANA CARANYA BELAJAR”
Bismillahirrohmaanirrohiim..
Membuat
desain pembelajaran, Yup itu adalah tugas NHW #5 kali ini...
Sebenarnya
saya agak rancu untuk membuat desain pembelajaran ini, apakah desain
ini dibuat untuk anak atau untuk diri saya pribadi sebagai ibu dan
guru bagi anak saya. Akan tetapi kali ini saya akan menuliskan saja
keduanya agar saya memiliki panduan yang lengkap mengenai desain
pembelajaran saya dan anak.
Mengenai
desain pembelajaran ini, saya membagi beberapa tahapan yang berbeda.
I.
Desain pembelajaran saya :
- tahap mengenali potensi diri
- tahap membuat ceklist indikator
- tahap membuat evaluasi
II.
Desain pembelajaran anak :
- tahap mengenali potensi anak
- tahap membuat kurikulum
- tahap membuat evaluasi
Saya
akan membahas satu persatu tiap tahapan diatas.
I.
Desain pembelajaran saya
Desain ini saya buat dengan tujuan untuk
membantu saya agar dapat mengupgrade diri secara terencana dan
teratur sesuai dengan tujuan atau goal yang sudah saya tetapkan
sebelumnya. Saya berharap dengan membuat desain pembelajaran saya
pribadi, saya dapat mengoptimalkan kemampuan saya sebagai orang tua
sekaligus guru bagi anak saya sehingga saya dapat melakukan transfer
pengetahuan secara efektif bagi anak. Desain ini berpatokan pada goal
saya untuk membangun peradaban dari rumah. Bidang ilmu yang saya
pilih adalah parenting dan psikologi anak.
Ada
3 tahapan yang saya lakukan dalam membuat desain pembelajaran ini :
I.1
Mengenali potensi diri
Alhamdulillah
sejak mengikuti program matrikulasi IIP saya mampu membaca dan
meyakini potensi diri yang saya miliki. Saya adalah orang yang senang
membuat perencanaan, senang beraktivitas dengan anak, senang belajar
parenting dan senang membaca artikel-artikel yang berkaitan dengan
psikologi anak. Dengan keyakinan ini, saya pun harus membuat desain
pembelajaran diri saya agar saya dapat terus mengupgrade diri agar
ilmu yang saya sukai itu dapat saya pahami dan saya terapkan dalam
kehidupan sehari-hari.
I.2
Tahapan membuat desain kurikulum pribadi
Berikut
ini adalah kurikulum yang saya buat untuk diri saya pribadi,
harapannya dengan mengikuti kurikulum ini saya dapat menjadi
profesional dalam bidang parenting dan psikologi anak.
No | Ilmu yang ingin dipelajari | Sarana pembelajaran | Waktu Belajar | Goal |
---|---|---|---|---|
1 | Ilmu Parenting | Membaca buku | 2 lembar per hari | memahami dan menuliskan ulang serta mengkaitkan dengan fakta di kehidupan sehari-hari (minimal 1 tulisan per minggu) |
Diskusi parenting | Minimal diskusi dengan suami | Menceritakan dan berdiskusi tentang aktivitas harian anak (setiap hari dan menuliskannya dalam bentuk jurnal harian | ||
Membaca artikel parenting | 1 artikel per hari | memahami dan menuliskan ulang serta mengkaitkan dengan fakta di kehidupan sehari-hari (minimal 1 tulisan per minggu) | ||
2 | Ilmu Psikologi anak | Membaca artikel psikologi anak | 1 artikel per hari | memahami dan menuliskan ulang serta mengkaitkan dengan fakta di kehidupan sehari-hari (minimal 1 tulisan per minggu) |
I.3
Tahapan Evaluasi
Setelah
membuat kurikulum untuk saya pribadi, saya akan membuat evaluasi
harian yang harus dinilai oleh suami saya. Tugas suami saya adalah
mengecek dan memastikan semua tahapan kurikulum harian saya
terlaksana dengan baik dengan mengisi ceklist evaluasi berikut ini :
Goal | Evaluasi | |
---|---|---|
Terlaksana | Tidak terlaksana | |
memahami dan menuliskan ulang serta mengkaitkan dengan fakta di kehidupan sehari-hari (minimal 1 tulisan per minggu) | ||
Menceritakan dan berdiskusi tentang aktivitas harian anak (setiap hari dan menuliskannya dalam bentuk jurnal harian | ||
memahami dan menuliskan ulang serta mengkaitkan dengan fakta di kehidupan sehari-hari (minimal 1 tulisan per minggu) | ||
memahami dan menuliskan ulang serta mengkaitkan dengan fakta di kehidupan sehari-hari (minimal 1 tulisan per minggu) |
Berikut
contoh jurnal harian diskusi aktivitas anak :
Jurnal harian aktivitas anak |
---|
Aktivitas : |
Diskusi: |
Hasil diskusi |
II.
Desain pembelajaran anak
Desain
ini saya buat dengan tujuan agar saya dapat mengarahkan pembelajaran
anak sesuai dengan potensi yang dimiliki. Goal nya adalah anak
mencintai belajar sepanjang hidupnya. Desain pembelajaran ini dibuat
dengan mengkondisikan diri saya sebagai anak. Apa yang disukai,
membuat cara belajar yang asik dan menyenangkan. Harapannya anak
dapat tumbuh paripurna sesuai dengan fitrahnya.
Ada
3 tahapan yang saya lakukan dalam membuat desain pembelajaran ini :
II.1
Mengenali potensi diri anak
Absi
Mahandika Zuchri, usia 5 tahun 11 bulan.
Fitrah
ilahiyah : diusia Absi saat ini, absi sudah mengenal dan yakin akan
adanya Allah. Kami memiliki program mengaji dan membacakan buku
islami yang saya pandu setiap harinya setelah sholat magrib. Dan itu
sudah berjalan setiap hari hanya saja masih belum rutin dan masih
suka bolong-bolong.
Fitrah
belajar : Absi sangat suka dibacakan buku. Absi sangat suka bercerita
tentang aktivitas harian yang dilakukannya. Dan berdasarkan hasil
pengamatan kami, absi memiliki potensi verbal yang sangat baik dan
dapat dikembangkan.
Fitrah
bakat : Hingga saat ini saya belum melihat bakat absi, masih dalam
proses pengamatan. Sesuai potensi yang dimiliki, saya mencoba akan
mencarikan maestro yang berkaitan dengan kecerdasan verbal absi.
II.2
Tahapan membuat desain kurikulum anak
Kurikulum
untuk absi (Sumber rujukan : http://catatanmamabelva.blogspot.co.id)
II.3
Tahapan Evaluasi
Desain
kurikulum diatas belum terlaksana sama sekali, InsyaAllah akan
terlaksana sesegera mungkin. Desain kurikulum masih dapat berubah
sesuai kebutuhan. Evaluasi akan dilakukan seminggu sekali bersama
suami.
Harapan
saya semoga desain kurikulum diatas dapat terlaksana dengan baik, dan
kami dapat konsisten dalam pelaksanaannya agar dapat tercapai seluruh
goal yang kami buat.
Semoga
Allah berikan kemudahan kami dalam menuju kebaikan. Semoga Allah
meridhoi terciptanya generasi beradab.
Be
Profesional Mom For The Best Generation...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar