Pages

Minggu, 18 Juni 2017

NICE HOMEWORK #5 - BELAJAR BAGAIMANA CARANYA BELAJAR


NICE HOMEWORK #5
PROGRAM MATRIKULASI INSTITUT IBU PROFESIONAL BATCH 4
“BELAJAR BAGAIMANA CARANYA BELAJAR”


Bismillahirrohmaanirrohiim..

Membuat desain pembelajaran, Yup itu adalah tugas NHW #5 kali ini...
Sebenarnya saya agak rancu untuk membuat desain pembelajaran ini, apakah desain ini dibuat untuk anak atau untuk diri saya pribadi sebagai ibu dan guru bagi anak saya. Akan tetapi kali ini saya akan menuliskan saja keduanya agar saya memiliki panduan yang lengkap mengenai desain pembelajaran saya dan anak.

Mengenai desain pembelajaran ini, saya membagi beberapa tahapan yang berbeda.
    I. Desain pembelajaran saya :
  1. tahap mengenali potensi diri
  2. tahap membuat ceklist indikator
  3. tahap membuat evaluasi
    II. Desain pembelajaran anak :
  1. tahap mengenali potensi anak
  2. tahap membuat kurikulum
  3. tahap membuat evaluasi

Saya akan membahas satu persatu tiap tahapan diatas.

I. Desain pembelajaran saya
Desain ini saya buat dengan tujuan untuk membantu saya agar dapat mengupgrade diri secara terencana dan teratur sesuai dengan tujuan atau goal yang sudah saya tetapkan sebelumnya. Saya berharap dengan membuat desain pembelajaran saya pribadi, saya dapat mengoptimalkan kemampuan saya sebagai orang tua sekaligus guru bagi anak saya sehingga saya dapat melakukan transfer pengetahuan secara efektif bagi anak. Desain ini berpatokan pada goal saya untuk membangun peradaban dari rumah. Bidang ilmu yang saya pilih adalah parenting dan psikologi anak.

Ada 3 tahapan yang saya lakukan dalam membuat desain pembelajaran ini :

I.1 Mengenali potensi diri
Alhamdulillah sejak mengikuti program matrikulasi IIP saya mampu membaca dan meyakini potensi diri yang saya miliki. Saya adalah orang yang senang membuat perencanaan, senang beraktivitas dengan anak, senang belajar parenting dan senang membaca artikel-artikel yang berkaitan dengan psikologi anak. Dengan keyakinan ini, saya pun harus membuat desain pembelajaran diri saya agar saya dapat terus mengupgrade diri agar ilmu yang saya sukai itu dapat saya pahami dan saya terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

I.2 Tahapan membuat desain kurikulum pribadi

Berikut ini adalah kurikulum yang saya buat untuk diri saya pribadi, harapannya dengan mengikuti kurikulum ini saya dapat menjadi profesional dalam bidang parenting dan psikologi anak. 
No Ilmu yang ingin dipelajari Sarana pembelajaran Waktu Belajar Goal
1 Ilmu Parenting Membaca buku 2 lembar per hari memahami dan menuliskan ulang serta mengkaitkan dengan fakta di kehidupan sehari-hari (minimal 1 tulisan per minggu)




Diskusi parenting Minimal diskusi dengan suami Menceritakan dan berdiskusi tentang aktivitas harian anak (setiap hari dan menuliskannya dalam bentuk jurnal harian




Membaca artikel parenting 1 artikel per hari memahami dan menuliskan ulang serta mengkaitkan dengan fakta di kehidupan sehari-hari (minimal 1 tulisan per minggu)










2 Ilmu Psikologi anak Membaca artikel psikologi anak 1 artikel per hari memahami dan menuliskan ulang serta mengkaitkan dengan fakta di kehidupan sehari-hari (minimal 1 tulisan per minggu)

I.3 Tahapan Evaluasi
Setelah membuat kurikulum untuk saya pribadi, saya akan membuat evaluasi harian yang harus dinilai oleh suami saya. Tugas suami saya adalah mengecek dan memastikan semua tahapan kurikulum harian saya terlaksana dengan baik dengan mengisi ceklist evaluasi berikut ini :
Goal Evaluasi



Terlaksana Tidak terlaksana
memahami dan menuliskan ulang serta mengkaitkan dengan fakta di kehidupan sehari-hari (minimal 1 tulisan per minggu)



Menceritakan dan berdiskusi tentang aktivitas harian anak (setiap hari dan menuliskannya dalam bentuk jurnal harian



memahami dan menuliskan ulang serta mengkaitkan dengan fakta di kehidupan sehari-hari (minimal 1 tulisan per minggu)









memahami dan menuliskan ulang serta mengkaitkan dengan fakta di kehidupan sehari-hari (minimal 1 tulisan per minggu)




Berikut contoh jurnal harian diskusi aktivitas anak :
Jurnal harian aktivitas anak


Aktivitas :


Diskusi:


Hasil diskusi





II. Desain pembelajaran anak
Desain ini saya buat dengan tujuan agar saya dapat mengarahkan pembelajaran anak sesuai dengan potensi yang dimiliki. Goal nya adalah anak mencintai belajar sepanjang hidupnya. Desain pembelajaran ini dibuat dengan mengkondisikan diri saya sebagai anak. Apa yang disukai, membuat cara belajar yang asik dan menyenangkan. Harapannya anak dapat tumbuh paripurna sesuai dengan fitrahnya.

Ada 3 tahapan yang saya lakukan dalam membuat desain pembelajaran ini :

II.1 Mengenali potensi diri anak
Absi Mahandika Zuchri, usia 5 tahun 11 bulan.
Fitrah ilahiyah : diusia Absi saat ini, absi sudah mengenal dan yakin akan adanya Allah. Kami memiliki program mengaji dan membacakan buku islami yang saya pandu setiap harinya setelah sholat magrib. Dan itu sudah berjalan setiap hari hanya saja masih belum rutin dan masih suka bolong-bolong.
Fitrah belajar : Absi sangat suka dibacakan buku. Absi sangat suka bercerita tentang aktivitas harian yang dilakukannya. Dan berdasarkan hasil pengamatan kami, absi memiliki potensi verbal yang sangat baik dan dapat dikembangkan.
Fitrah bakat : Hingga saat ini saya belum melihat bakat absi, masih dalam proses pengamatan. Sesuai potensi yang dimiliki, saya mencoba akan mencarikan maestro yang berkaitan dengan kecerdasan verbal absi.

II.2 Tahapan membuat desain kurikulum anak
Kurikulum untuk absi (Sumber rujukan : http://catatanmamabelva.blogspot.co.id)







 



II.3 Tahapan Evaluasi
Desain kurikulum diatas belum terlaksana sama sekali, InsyaAllah akan terlaksana sesegera mungkin. Desain kurikulum masih dapat berubah sesuai kebutuhan. Evaluasi akan dilakukan seminggu sekali bersama suami.

Harapan saya semoga desain kurikulum diatas dapat terlaksana dengan baik, dan kami dapat konsisten dalam pelaksanaannya agar dapat tercapai seluruh goal yang kami buat.

Semoga Allah berikan kemudahan kami dalam menuju kebaikan. Semoga Allah meridhoi terciptanya generasi beradab.

Be Profesional Mom For The Best Generation...



Tidak ada komentar: